Auditor Internal ISO 9001

Auditor Internal ISO 9001
One day training 26 Maret 2024

28 February 2016

7 Prinsip Manajemen Mutu ISO 9000

Sebelum menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9000 harus diketahui dasar-dasar konsep atau prinsip manajemen mutu ISO 9000.

Ada 7 prinsip manajemen mutu yang tercantum dalam ISO 9000 versi 2015.

Apa saja?

Ke 7 prinsip manajemen mutu ISO 9000 ini merupakan dasar pembuatan standar ISO 9001 versi 2015.

Berikut dijelaskan ke-7 Prinsip manajemen mutu ISO 9000 sebagai berikut:

1. Fokus pelanggan (Customer focus)
Prinsip manajemen mutu ISO 9000 yang pertama ini menjelaskan bahwa fokus utama penerapan sistem manajemen mutu adalah memenuhi persyaratan pelanggan dan berusaha melampaui harapan pelanggan.

2. Kepemimpinan (Leadership)
Prinsip ke dua ini menerangkan bahwa pimpinan di seluruh tingkatan manajemen wajib menetapkan kesatuan arahan dan tujuan yang jelas serta menciptakan kondisi agar setiap personil dapat mencapai tujuan yang digariskan organisasi.

3. Keterlibatan orang (Engagement of people)
Prinsip ke tiga prinsip manajemen mutu ISO 9000 menjelaskan bahwa kompetensi, pemberdayaan dan keterlibatan karyawan pada semua tingkatan dan level organisasi merupakan hal penting dalam rangka meningkatkan kapabilitas organisasi menghasilkan nilai (value)

4. Pendekatan proses (Process approach)
Prinsip ke empat menegaskan bahwa suatu hasil konsisten  akan lebih efektif dan efisisen dicapai bila setiap kegiatan  dalam organisasi dipahami dan dikelola sebagai suatu proses yang saling terkait dan koheren.

5. Perbaikan kinerja (Improvement)
Prnsip manajemen mutu ISO 9000 yang ke lima ini menjelaskan bahwa perbaikan kinerja merupakan aspek penting bagi organisasi guna memelihara tingkat kinerja terkini. Selain itu, perbaikan kinerja merupakan antisipasi terhadap perubahan kondisi internal dan eksternal serta menciptakan peluang baru

6. Pengambilan keputusan berdasarkan bukti (Evidence-based decision making
Prinsip manajemen mutu ke 6 menjelaskan, keputusan yang diambil berdasarkan pada analisis dan evaluasi data dan informasi memungkinkan untuk memberi hasil yang diharapkan.

7. Manajemen relasi (Relationship management)
Prinsip manajemen mutu ke tujuh menerangkan bahwa organisasi akan senantiasa sukses bila organisasi mengelola hubungan baik dengan pihak-pihak berkepentingan misalnya dengan penyedia eksternal.

Sumber tulisan 7 prinsip manajemen mutu ini adalah standar ISO 9000:2015: Dasar-dasar dan kosakata.

No comments:

Post a Comment