Auditor Internal ISO 9001

Auditor Internal ISO 9001
One day training 26 Maret 2024

11 September 2010

Membuat Kebijakan Mutu yang cocok buat Anda

Kebijakan mutu merupakan dokumen terpenting menurut iso 9000. Mengapa begitu? Hal ini disebabkan semua dokumen yang berlaku di perusahaan iso 9000 bermuara pada kebijakan mutu.

5.3 Kebijakan mutu
Manajemen puncak harus memastikan bahwa kebijakan mutu
  1. sesuai dengan tujuan organisasi,
  2. mencakup komitmen untuk memenuhi persyaratan dan meningkatkan keefektifan sistem manajemen mutu secara kontinyu
  3. menyediakan kerangka kerja untuk menetapkan dan mengevaluasi sasaran mutu,
  4. dikomunikasikan dan dipahami dalam jajaran organisasi serta dievaluasi agar senantiasa sesuai.

Kebijakan mutu adalah sebuah dokumen yang menyatakan tekad perusahaan ISO 9000 terhadap mutu. Kebijakan mutu menjadi komitmen seluruh jajaran untuk perbaikan kinerja perusahaan dan sekaligus berfungsi sebagai landasan untuk menetapkan target-target atau sasaran mutu perusahaan.

Setiap karyawan wajib memahami kebijakan mutu. Hubungan  kebijakan mutu dengan peran, tugas dan tanggung jawab karyawan merupakan kewajiban top management untuk menjelaskan hal itu kepada mereka. Bagaimana caranya? ISO Standart  memberikan keleluasan untuk menentukan cara sosialisasi kebijakan mutu perusahaan.

Kebijakan mutu harus dikaji kesesuaiannya dari waktu ke waktu untuk menjamin isi kebijakan masih sesuai dengan kebijakan perusahaan yang sesugguhnya. Evaluasi ini dapat dilakukan saat management review.

Bagaimana cara membuat kebijakan mutu yang cocok buat perusahaan Anda. Caranya gampang.

Berikut ini contoh kebijakan mutu hasil pencarian *kebijakan mutu perusahaan* di google. Silahkan download dan sesuaikan isi kebijakan mutu di bawah ini dengan kebijakan perusahaan Anda.

Contoh kebijakan mutu perusahaan

Baca juga:

5 comments:

  1. Pak, Mohon izin copas materi yang ada di Web anda sebagai bahan belajar untuk saya, karena ada hubungannya dengan pekerjaan saya kedepannya nanti sebagai Doc control.

    tks

    fahrul

    ReplyDelete
  2. Silahkan, pak Fahrul. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Dear Pak Zulkifli,
    Saya seorang karyawan swasta dengan di posisi baru yaitu Data&Document Control, saya sangat buta mengenai iso, bisa bapak merekomendasikan beberapa buku terbitan indonesia yang pernah Bapak baca, mengenai iso dan isinya, dengan senang hati dan terima kasih jika Bapak bisa menirimkan rekomendasi ke email saya zakaria_akbar@yahoo.com. terima kasih banyak Pak Zulkifli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Zakaria,
      Saya merekomendasikan buku "ISO 9001 for Small Business, What to do" Buku ini diterbitkan oleh tim yang menyusun standard ISO 9001.

      Delete
  4. terima kasih pak...sangat bermanfaat

    ReplyDelete