Auditor Internal ISO 9001

Auditor Internal ISO 9001
One day training 26 Maret 2024

02 December 2018

ISO 27001 mewajibkan Kebijakan Clear Desk dan Clear Screen

Standar internasional keamanan informasi ISO 27001 menuntut adanya security control yang namanya Clear Desk and Clear Screen.  Setiap perusahaan yang mengadopsi ISO 27001 maka wajib menerapkan kebijakan ini.

Apa yang dimaksud dengan Clear Desk and Clear Screen?

Kebijakan clear desk dan clear screen menetapkan hal-hal yang harus dipatuhi dan menjadi panduan bagi Jajaran manajemen perusahaan dalam menjaga kerahasiaan data dan informasi  yang berada di dalam sistem manajemen keamana informasi yang dikelola oleh perusahaan tersebut.

  • Kebijakan "Clear Desk” menekankan agar karyawan membersihkan meja dari segala informasi yang berkaitan dengan pekerjaan pada akhir jam kerja. Informasi tersebut tidak hanya berupa dokumen dan catatan tetapi juga post-İt, kartu bisnis dan removable media (CD, disket, stik memori). Kebijakan "Clear-Dcsk” membantu perusahaan dalam mengurangi risiko pencurian informasi, penipuan atau pelanggaran keamanan informasi.


  • Kebijakan "Clear Screen” menekankan agar karyawan mengunci layar komputer ketika meninggalkan meja kerja dan melakukan log off bila pergi untuk jangka waktu lama. Kebijakan ini ditetapkan agar isi dari layar kompüter dan informasi di dalamnya terlindungi dari kemungkinan dilihat dan diketahui oleh orang yang tidak berhak, tidak berkepentingan dan komputer (perangkat informasi) dilindungi dari penggunaan yang tidak sah.


Mau membaca kebijakan keamanan informasi ISO 27001 yang lain? Baca selanjutnya di Kebijakan ISO 27001 yang Perlu Diketahui

No comments:

Post a Comment