Auditor Internal ISO 9001

Auditor Internal ISO 9001
One day training 26 Maret 2024

17 March 2018

Budaya Perusahaan berbasis behavior-based quality (BBQ)

Sering kita dengar "work safe", "be safe" and "think safety". Dengan moto itu semakin banyak perusahaan  sadar menegakkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan berlomba-lomba menuju perusahaan berbudaya safety-based culture (SBC).

Mengapa kita tidak berpikir hal yang sama untuk aspek Quality? Menuju perusahaan yang berkelas dan berlandaskan behavior-based quality (BBQ).


"Behavior-based quality (BBQ) is a new way to drive a culture of quality in your organization," kata Arron Angle, konsultan Quality dalam tulisannya di majalah ASQ, Quality Progress edisi Maret 2018.

Ia berpendapat, quality tidak terjadi begitu saja. Menurutnya terdapat tiga pondasi Behaviour-based Quality yakni compliance, prevention and  improvement (CPI).

Compliance berarti kesesuaian dengan persyaratan, prevention maksudnya langkah untuk mencegah ketidakseuaian dengan bantuan quality tools yang tepat dan improvement atau perbaikan kinerja untuk mengurangi berbagai waste atau yang tidak bermanfaat


Komitmen manajemen puncak berperan dalam kesuksesan budaya BBQ di perusahaan. Tanpa dukungan dari manajemen puncak tidak mungkin perilaku BBQ di perusahaan berhasil.

Selengkapnya baca tulisan "Behaviour-based quality (BBQ) and how to get there"

@zulnasution

No comments:

Post a Comment