Auditor Internal ISO 9001

Auditor Internal ISO 9001
One day training 26 Maret 2024

13 December 2016

Baru Satu Tahun, tapi Sukses Raih Tiga Sertifikat ISO sekaligus. Apa Resepnya?

Karyawan tengah melakukan tool box meeting yang dilakukan setiap pagi, sekaligus sosialisasi sistem manajemen ISO dan OHSAS yang melibatkan semua karyawan. Keterlibatan semua personil kunci sukses menerapkan sistem manajemen yang efektif.

Berbagai macam klien atau perusahaan telah saya bantu mengembangkan standar manajemen ISO, namun ada satu yang unik.

Untuk memperoleh sertifikat standar internasional ISO tidak ada peraturan yang menyatakan  bahwa perusahaan telah beroperasi sesuai dengan bidang usahanya dalam kurun waktu tertentu. Misalnya perusahaan wajib beroperasi dua tahun atau lebih maka baru bisa mulai mengadopsi dan mendapatkan sertifikat ISO. Peraturan itu tidak ada.


Klien yang pernah saya tangani rata-rata telah berdiri  dan beroperasi 2 atau 3 tahun sebelum mulai mengadopsi, menerapkan dan  kemudian berhasil meraih sertifikat ISO.

Akan tetapi klien saya yang satu ini terbilang unik. Kendati baru beroperasi satu tahun, perusahaan jasa facility maintenance yang berlokasi di Sulawesi tengah, telah berhasil meraih tiga sertifikat standar internasional sekaligus. Ketiga standar itu diterbitkan oleh lembaga sertifikasi internasional dari Jerman setelah dilakukan audit berhari-hari untuk menilai kesesuaian (compliance) terhadap ketiga standar yang diterapkan. Sertifikat dirilis pada Desember 2016.

Ketiga sertifikat yang berhasil diraih yaitu sertifikat manajemen mutu ISO 9001:2015, manajemen lingkungan  ISO 14001:2015 dan manajemen K3 berbasis OHSAS 18001:2007.  Ketiga standar internasional ini diterapkan secara terintegrasi oleh perusahaan jasa yang jumlah karyawan berkisar 70 orang itu.

Mengapa hal ini memungkinkan, baru satu tahun tapi sukses raih tiga sertifikat ISO sekaligus ? Begini ceritanya.

Sejak klien saya mulai beroperasi satu tahun lalu, karyawan-karyawan yang direkrut adalah mereka yang dulunya bekerja di  perusahaan-perusahaan multinasional (dalam hal ini perusahaan Jepang) atau perusahaan yang perihal sistem manajemen terbilang sangat baik.

Tak heran semua karyawan ini telah mengenal sistem manajemen dengan baik dari tempat mereka bekerja dulu dan mengembangkan sistem manajemen segera setelah diterima bekerja di perusahaan yang baru (klien). Prosedur kerja mereka buat dan disesuaikan dengan kondisi perusahaan baru, demikian juga dengan petunjuk-petunjuk kerja lain yang pernah mereka buat dan terapkan di perusahaan sebelumnya untuk disesuaikan dengan kondisi tempat kerja yang baru.

Setelah semua pedoman kerja selesai dibuat dan cocok dengan kondisi binis proses yang baru, panduan kerja langsung disosialisasian dan dipraktekkan, khususnya praktek manajemen risiko, yang merupakan inti dari ketiga standar internasional itu.

Adopsi sistem di tempat yang baru tidak memerlukan waku lama sebab karyawan terbiasa bekerja dengan sistem. Ditambah lagi komitmen yang terlihat di semua jajaran manajemen. Dari awal perusahaan berdiri mereka bekerja disiplin sesuai aturan kerja

Hal ini lah yang menyebabkan klien saya yang usianya baru satu tahun namun tetap sukses meraih tiga sertifikat internasional sekaligus.

Saya yakin begitu juga buat perusahaan Anda yang akan mengembangkan sistem manajemen ISO. Segera terapkan sistem yang telah disiapkan dan lakukan persiapan tahap demi tahap menuju proses sertifikasi ISO, tanpa perlu kawatir karena tempat Anda bekerja baru saja didirikan.


Baca juga:




No comments:

Post a Comment