Auditor Internal ISO 9001

Auditor Internal ISO 9001
One day training 26 Maret 2024

29 November 2016

Menurut ISO 9001-2015, Jasa bukan Produk.


Sekarang jasa bukan lagi bagian dari produk, demikian menurut standar ISO 9001-2015.

Dulu standar iso 9001 versi 2008 menyatakan bahwa jasa atau layanan merupakan bagian dari produk, tapi sekarang tidak lagi. Dengan terbitnya standar manajemen terbaru ISO 9001 version 2015, terdapat perubahan pengertian baik produk maupun jasa.

Pengertian jasa dan produk berbeda menurut ISO 9000:2015, jasa bukan produk. Berikut saya kutip definisi kedua istilah itu dari ISO 9000-2015,  standar kosakata terbaru:

Pengertian produk adalah keluaran (output) dari suatu organisasi yang dapat dihasilkan tanpa perlu terjadi transaksi antara organisasi dengan pelanggan

Produksi dari suatu produk dicapai tanpa perlu terjadi transaksi antara penyedia dengan pelanggan, namun seringkali melibatkan unsur jasa saat penyampaian produk ke pelanggan  Catatan: unsur dominan suatu produk biasanya yang berwujud.

Contoh produk misalnya ban (perangkat keras berkarakteristik dan dapat dihitung). Contoh lain misalnya minuman ringan atau bensin (material yang diproses merupakan sesuatu yang berwujud)
Kemudian sebagai contoh produk yang lain misalnya program komputer (perangkat lunak terdiri dari informasi tanpa memandang media pengantar.

Sedangkan jasa adalah keluaran (output) dari suatu organisasi dengan paling sedikit satu kegiatan yang perlu direalisasikan antara organisasi dengan pelanggan 

Catatan: unsur dominan suatu produk biasanya yang berwujud. Contoh jasa layanan misalnya reparasi mobil, hotel, restoran, proses pembuatan laporan rugi laba untuk pengembalian pajak, penyampaian informasi dalam konteks penyampaian pengetahuan (sekolah, unversitas), dll.
Pada umumnya jasa berupa sesuatu yang dialami pelanggan.

Tulisan ini saya informasikan di blog menjawab pertanyaan seorang peserta in-house training awareness ISO 9001-2015 di Bekasi, Jawa Barat pada November 2016.

Baca juga:

2 comments:

  1. nah kalau bukan produk, bagaimana cara memasarkan jasa kak? apakah tidak bisa seperti memasarkan produk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam istilah yang digunakan standar ISO 9001:2015, disebutkan istilah "produk dan jasa"
      ISO 9001 terdahulu hanya menyebutkan "produk" saja.

      Delete