Auditor Internal ISO 9001

Auditor Internal ISO 9001
One day training 26 Maret 2024

31 March 2014

Bagaimaca Cara Memilih Lembaga Sertifikasi ISO?

Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih lembaga sertifikasi ISO

Ini beberapa tips yang perlu dipertimbangkan saat memilih lembaga sertifikasi ISO:
  • Seleksi beberapa lembaga sertifikasi ISO, tidak hanya satu.  Jangan mengutamakan biaya sertifikasi yang paling murah. Biaya sertifikasi termurah belum tentu yang terbaik. Terkadang biaya  murah bisa menjadi mahal dikemudian hari karena proses audit dilaksanakan tidak sesuai dengan standar audit yang berlaku (below standard)
  • Pilih lembaga sertifikasi yang telah mengimplementasikan ISO/IEC 17021:2011, Conformity assessment -Requirements for bodies providing audit and certification of management systems (Penilaian kesesuaian - Persyaratan lembaga penyelenggara audit dan sertifikasi sistem manajemen). ISO/IEC 17021:2011 adalah standar yang harus dipenuhi badan sertifikasi ISO untuk memperoleh pengakuan akreditasi KAN
  • Pastikan badan sertifikasi ISO telah diakreditasi. Sebenarnya akreditasi tidak bersifat wajib. Apabila sebuah badan sertifikasi ISO tidak diakreditasi bukan berarti lembaga ISO sertifikasi itu tidak memiliki reputasi. Kendati demikian, akreditasi merupakan jaminan bahwa lembaga ISO sertifikasi tersebut memiliki kompetensi dan kredibel.       

Sumber: Choosing a certification body

Baca juga:



No comments:

Post a Comment